Tumbuh Dan Berkembang Bersama UPK

Dua Sisi News ( Slawi ) 

Dana dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) ternyata masih bergulir. Pengelolaannya sekarang ditangani unit pengelola Kegiatan (UPK) di masing-masing kecamatan.

Menurut Ketua UPK Kecamatan Pagerbarang, Laelatul Mabruroh,SE melalui Sekretaris UPK Wasis Bahrudin dana yang berasal dari akumulasi bantuan modal dan keuntungan PNPM-MPd itu dipinjamkan kepada kelompok simpan pinjam perempuan (KSPP).

”Diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di desa, karena KSPP yang diberikan pinjaman tersebar di pedesaan,” jelas Wasis  kepada duasisinews.com dikantornya yang terletak tidak jauh dari Kantor Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal Kamis (03/10/19).

Dana pinjaman UPK, kata Wasis  dijadikan sebagai modal untuk pengembangan usaha ekonomi produktif. Sasarannya warga di pedesaan.

”UPK mendapat keuntungan dari pengembalian modal dan bunga rendah,” ujarnya.

Dul Jamil yang mendampingi Wasis menambahkan “ Keuntungan yang diperoleh UPK, dikembalikan lagi kepada masyarakat di desa dalam bentuk bagi hasil keuntungan 10 persen untuk Pemerintah Desa, dan 15 persen dalam bentuk dana sosial yang dialokasikan bagi warga miskin absolute, warga miskin produktif , serta anak – anak yatim piatu“

Di tempat terpisah Kepala Desa Semboja, Kecamatan Pagerbarang Untung Basuki membenarkan pernyataan Dul Jamil. “ Desa dan masyarakat desa menerima bagi hasil keuntungan yang diperoleh UPK berdasarkan proporsional jumlah pinjaman “ ( IJK )

Please follow and like us:
0
Advertisements

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Adakah yang dapat kami bantu ...???
Powered by
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
YOUTUBE
YOUTUBE
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN
INSTAGRAM

Enjoy this blog? Please spread the word :)