Teladan SDM Unggul 2019 – 2024

Dua Sisi News

Periode II Kepemimpinan Presiden Jokowi pada tahun 2019-2024 Indonesia Insya Allah akan semakin gemilang. Optimisme itu semakin menguat dengan dua sosok penting di negara ini: Jokowi dan Puan Maharani. Jokowi memimpin eksekutif, Puan mengetuai legislatif.

Pasangan yang sungguh tepat. Sesuai tema “SDM unggul, Indonesia maju”! Apa yang dimaksud dengan SDM unggul? Rakyat tidak bingung. Sebab, Jokowi dan Puan adalah teladan konkret SDM unggul.

“Saya tidak membaca dokumen negara yang saya tanda tangani” adalah simbol puncak budaya literasi. Saya jadi teringat kalimat Cak Nun, bahwa beliau tidak suka membaca. Juga sosok penting penemu mikroskop: Anton van Leeuwenhoek. Kegeniusan alamiah!

Budaya membaca mungkin penting. Namun yang jauh lebih penting adalah budaya berpikir. Dan yang jauh lebih penting lagi adalah akhlak, adab, atau karakter. Percuma gemar membaca tapi tanpa karya nyata. Percuma menguasai ilmu sundul langit tapi tidak peka, apalagi gemar berdusta. Itu yang saya pahami dari Revolusi Mental!

Jokowi adalah nahkoda utama Revolusi Mental. Adapun Puan menjabat menteri yang paling bertanggung jawab dengan pelaksanaan Revolusi Mental, yaitu PMK (Pembangunan Manusia dan Kebudayaan).

Era BJ Habibie sudah lewat. Era Gus Dur sudah tinggal cerita. Era SBY sudah berlalu. Mereka semua kutu buku. Kini kita memasuki idola dan pemimpin baru: Jokowi-Puan Maharani.

Di tengah utang yang menggunung, sumber daya alam yang terus menyusut, bencana alam yang datang silih-berganti, jelas tantangan ke depan tidak semakin mudah. SDM unggul semakin penting, sementara pendidikan kita terpuruk. Sejumlah survei membuktikan kita termasuk bangsa “terbodoh” tapi paling bahagia.

Namun, menyaksikan kepemimpinan nasional 2019-2024 kita seharusnya semakin optimis. Kualitas SDM kita insya Allah semakin meroket. Mari kita doakan yang terbaik untuk negeri ini. Semoga semakin banyak Jokowi-Jokowi baru dan Puan-Puan baru menuju Indonesia hebat. ( Ahmad Thoha Faz )

Please follow and like us:
0
Advertisements

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Adakah yang dapat kami bantu ...???
Powered by
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
YOUTUBE
YOUTUBE
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN
INSTAGRAM

Enjoy this blog? Please spread the word :)