Penderita TBC Harus Tanggap dan Rutin Berobat

Dua Sisi News ( Slawi )

Banyaknya kasus TBC atau Tuberkulosis di Kabupaten Tegal pada tahun 2018 yang mencapai 4.380 kasus, membuat Bupati Tegal Umi Azizah berharap kepada masyarakat khususnya penderita TBC supaya tanggap terhadap penularan penyakit yang mematikan itu.

“Penderita TBC kebal obat di Kabupaten Tegal ada 59 orang, tetapi yang terus menjalani pengobatan hanya 45 orang. Inilah PR kita bersama dimana belum semua penderita TBC ditemukan dan diobati,” kata Umi saat acara Lokakarya District Public Private Mix Penanggulangan Tuberkulosis Kabupaten Tegal, di Hotel Grand Dian Slawi, Kamis (8/8) pagi.

Sehingga, dari penderita yang tidak berobat tersebut akan menularkan penyakitnya kepada orang lain. Dimana, penularan penyakit TBC sangat mudah, yaitu umumnya melalui udara yang dihirup. Disamping itu, tingkat kepatuhan minum obat dan kurangnya kepedulian masyarakat pada penyakit TBC menjadi permasalahan tersendiri terkait pemantauan penderita dan diseminasi informasi terhadap publik.

“Kompleksitas permasalahan TBC ini mengharuskan semua pihak untuk bersinergi, bekerjasama melakukan pencegahan dan pengendalian TBC,” pesannya.

Menurut Umi kerugian yang ditimbulkan penyakit TBC cukup besar, tidak hanya dari aspek kesehatan penderita semata tetapi juga dari aspek sosial maupun ekonomi. TBC menjadi ancaman terhadap cita-cita pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat secara menyeluruh. “Sehingga perang terhadap TBC berarti pula memerangi kemiskinan, pola hidup tidak sehat dan ketunaan informasi kesehatan,” ujar Umi.

Dengan adanya acara ini, Umi berharap para peserta dapat menyebarluaskan informasi kaitannya tentang TBC, sehingga komitmen Pemkab Tegal menuju Kabupaten Tegal bebas TBC di tahun 2030 akan tercapai. 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Hendadi Setiadji menyampaikan acara tersebut diikuti oleh 45 peserta dari unsur kesehatan, swasta maupun organisasi masyarakat. Dengan begitu akan membangun Tim Publik Private Mix (PPM) TBC termasuk Koalisi Profesi (Kopi) TBC di Kabupaten Tegal, yang akan memiliki peran dan fungsinya masing-masing dalam penanggulangan TBC. ( * )

Please follow and like us:
0
Advertisements

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Adakah yang dapat kami bantu ...???
Powered by
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
YOUTUBE
YOUTUBE
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN
INSTAGRAM

Enjoy this blog? Please spread the word :)