Kades Penarukan Dicari Aparat Penegak Hukum

Dua Sisi News ( Slawi )

Advertisements

Kepala Desa (Kades) Penarukan, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, diduga terlibat urusan keuangan kas tanah desa. Kades berinisial ZA ini diduga memakai uang hasil sewa tanah atau bengkok kas desa untuk kepentingan pribadinya

Kepala Inspektorat Kabupaten Tegal, Aribawa saat dikonfirmasi  duasisinews.com, Rabu (5/9/2018) mengatakan “”Diduga, hasil pengelolaan tanah  kas desa hingga tahun 2019 digunakan untuk kepentingan pribadi Kades, kalau nilainya belum tahu mas “

Masih menurut dia, Kades Penarukan pun kerap mengambil keputusan dengan tidak melibatkan Badan Permusyawarahan Desa (BPD).

Sesuai kewenangan Inspektorat  sebagai lembaga audit internal pemerintah dalam hal administrasi keuangan pihaknya tidak berwenang untuk menindaklanjuti dugaan yang berindikasi ke ranah pidana.”Indikasi penyalahgunaan terkait tanah kas desa dilimpahkan ke APH. Bisa Polres Tegal atau Kejaksaan Negeri Slawi”.

Saat hendak dikonfirmasi di Kantor Pemerintah Desa Penarukan, oleh beberapa awak media, Kepala Desa Penarukan tidak berada ditempat. Salah seorang Perangkat desa yang keberatan namanya ditulis menuturkan, kalau Kadesnya sudah beberapa bulan ini  mangkir dari tugasmya. “ Kadesnya sudah nggak ke kantor berbulan bulan “ ujarnya.

Dimintai pendapatnya, terkait dengan apa yang terjadi di Desa Penarukan, Rudy ( 45 ) Aktifis LSM Benmas menyayangkan sikap Kades Penarukan. “ Gelontoran Dana Desa ( DD ) dan Alokasi Dana Desa ( ADD ) Serta Bantuan keuangan Lainnya yang nilainya pada kisaran Rp. 1,5 Miliar disatu sisi memang sangat besar, sehingga diperlukan ke hati – hatian dalam pengelolaannya “ tambahnya. ( IJK )

Please follow and like us:
0
Advertisements

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Adakah yang dapat kami bantu ...???
Powered by
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
YOUTUBE
YOUTUBE
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN
INSTAGRAM

Enjoy this blog? Please spread the word :)