Jelang Pileg Dan Pilpres 2019, Polres Brebes Gelar FGD Di Pesantren

Dua Sisi News ( Brebes )

Advertisements

Untuk menjaga kondusifnya wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Polres Brebes mengundang Forkompimda bersama KPU dan Panwaslu serta tokoh masyarakat dan tokoh agama mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di Aula Pondok Pesantren (Ponpes) Assalafiyah Luwungragi Kecamatan Bulakamba, Brebes, Jumat (14/9/2018).

Kegiatan tersebut mengambil tema ”Peran Santri dan Pondok Pesantren dalam menciptakan Kamtibmas yang Kondusif jelang Pileg dan Pilpres 2019”.

Tampak hadir sejumlah undangan yang juga sebagai Narasumber antara lain Pengasuh Ponpes Assalafiyah Luwungragi KH. Subhan Makmun, Kepala Kemenag Kabupaten Brebes H. Mahrus. Mpdi, Asisten 1 Pemda  Brebes H. Atoilah. SE. MSi, Ketua KPU Brebes Bapak M. Reza Pahlevi, Ketua Dewan Haji Kabupaten Brebes KH. Umul Aswad serta ratusan santri yang mengikuti FGD tersebut.

Kapolres Brebes AKBP Sugiarto yang diwakili oleh Kabagren Kompol H. A Sofyan Wisnu menyampaikan bahwa progam Harkamtibmas yang dilakukan oleh Polri selalu dinamis bergerak mengikuti perkembangan dinamika masyarakat dimana saat sekarang yang menjadi fokus adalah mengawal proses pesta demokrasi yaitu Pileg & Pilpres 2019 sehingga perlu adanya kerjasama dengan semua element masyarakat untuk menjaga pesta demokrasi tersebut berlangusng dengan damai, aman dan lancar.

Kabagren juga menyampaikan dengan kegiatan tersebut sekaligus menjalin silaturahmi ukhuah islamiah, baayariah, watoniah dan juga mengajak dunia pesantren bersama Polri untuk menciptakan sitkamtibmas yang kondusif. “FGD dilakukan dalam rangka meningkatkan sinergitas kemitraan antara Polri, Pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Brebes juga untuk menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa, serta kedaulatan NKRI,” kata Kabagren.

Sementara itu, KH. Subhan Makmun yang juga pengasuh Ponpes menyampaikan, pesantren merupakan tempat menimba ilmu khususnya dibidang Agama. Pihaknya berharap mendapat dukungan oleh seluruh element sehingga tercipta agama yang kuat. “Mari kita saling menjaga persatuan dan kesatuan bangsa melalui tonggak Agama, Pancasila, Kebhinekaan NKRI,” ungkapnya.

Hal yang sama disampaikan Asisten 1 H Atoilah yang juga Ketua MPC NU Brebes. Dijelaskan  Santri sangat erat sekali dengan bekal dan ilmu Agama yang harapannya dapat mampu menjaga keamanan baik diri maupun bangsa. Harapan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Brebes H. Mahrus, SAg, Mpdi. Dimana  keajaiban pesantren meliputi Benteng Peradaban, Pembinaan Santri dalam Karakter Keagamaan, Komponen Pesantren sehingga diharapkan lulusan santri dapat profesional dibidangnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Dewan Masjid Indonesia KH Rumono Aswad berharap para santri dapatnya menjadi agen perubahan serta jangan mudah terprovokasi oleh berita Hoax. “Tepislah apabila ada isu demikian,” pesanya.

Ditambahkan Kapolres Brebes melalui Kabagren Kompol H A Sofyan Wisnu dikahir acara pihaknya berharap proses Pileg dan Pilpres 2019 di Kabupaten Brebes dapat berlangsung dengan damai, aman dan lancar. “Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman kita tentang pendidikan parenting bagi masyarkat. Harapan kami, kegiatan pemilu 2019 ini berjalan dengan lancar dan damai,” pungkasnya. (Hms)

Please follow and like us:
0
Advertisements

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Adakah yang dapat kami bantu ...???
Powered by
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
YOUTUBE
YOUTUBE
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN
INSTAGRAM

Enjoy this blog? Please spread the word :)