Deklarasi Tanpa Sampah, Siswa SD Di Brebes Bawa Tempat Makan

Dua Sisi News ( Brebes ) 

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Brebes mendeklarasikan sekolah tanpa sampah plastik, kemarin. Deklarsai yang diikuti oleh ratusan siswa, guru dan karyawan sekolah tersebut tidak lain menindaklanjuti Peraturan Bupati (Perbup) nomor 57 Tahun 2019 tentang pedoman pengurangan sampah plastik berbasis masyarakat. Kamis (03/10).

Kepala SD N 1 Brebes Riyanto mengatakan, selain mengimplementasikan Perbup di atas, deklarasi tersebut juga sesuai dengan predikat Sekolah Adiwiyata yang diterima SD N 1 pada 2018 lalu. Apalagi, pastik merupakan bahan yang tidak bisa terurai dengan cepat, sehingga lewat deklarasi ini pihaknya berharap bisa menekan angka penggunaan sampah di lingkungan sekolah.

“Selain menindaklanjut Perbup Nomor 57, deklarasi ini juga sejalan dengan predika sekolah Adiwiyata yang kita terima tahun lalu,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Dalam aksi nyata tersebut, kata dia, pihaknya telah mewajibkan anak-anak untuk membawa tempat makan dan minum. Dengan tujuan, setiap siswa membeli makanan atau minuman dikantin bisa langsung menggunakan tempat tersebut. Sehingga bisa menekan jumlah pastik di lingkungan sekolah.

“Sudah kita wajibkan setiap siswa harus membawa piring dan gelas dari rumah. Sehingga, setiap membeli jajanan di sekolah tidak menggunakan sampah plastik,” katanya.

Dia menambahkan, penggunaan piring dan gelas plastik tidak lain merupakan komitmen pihaknya dalam menekan penggunaan plastik setiap hari di lingkungan sekolah. Tidak hanya itu, untuk menekan penggunan sampah plastik, pihaknya juga melakukan tiga langkah dalam mengatasi sampah. Yakni, Reduce, Reuse dan Recycle.

“Contoh dari recycle sendiri, banyak kerajinan yang terbuat dari bungkus minuman sakset oleh siswa yang dijadikan anyaman tas, tikar dan lainnya,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes Tahroni mengapresiasi dan juga mensuport atas deklarasi tanpa sampah plastik yang dilakukan oleh SD N 1 Brebes. Dirinya berharap, ke depan akan lebih banyak lagi sekolah-sekolah yang mendeklarasikan bebas tanpa sampah plastik. Sehingga, penekanan penggunaan sampah plastik sejak dini bisa terpenuhi.

“Kita harapkan sekolah lain juga bisa ikut mendeklarasikan sekolah tanpa sampah plastik. Sehingga, penggunaan sampah plastik bisa diminimalisir,” pungkasnya. (*)

Please follow and like us:
0
Advertisements

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Adakah yang dapat kami bantu ...???
Powered by
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
YOUTUBE
YOUTUBE
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN
INSTAGRAM

Enjoy this blog? Please spread the word :)