Berdayakan Masyarakat Melalui Bursa Inovasi Desa

Amati, Tiru, Modifikasi
Dua Sisi News ( Slawi )
Saat menghadiri acara Bursa Inovasi Desa (BID) Bupati Tegal berharap, ke depan penggunaan dana desa tidak hanya untuk urusan infrastruktur saja. Tetapi, juga untuk keperluan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa serta inovasi desa.
Harapan ini mengingat pada tahun 2019 nanti, Dana Desa di Kabupaten Tegal yang semula Rp. 282,2 miliar meningkat menjadi Rp. 340,9 miliar. ” Peningkatan ini membuktikan bahwa pemerintah memberikan perhatian sangat besar kepada desa,” tegas Bupati Tegal, Umi Azizah, di Gedung Korpri Slawi, Selasa (11/12/18).
Harapan Umi, setelah diselenggarakannya Bursa Inovasi Desa (BID) ini dimanfaatkan, tukar informasi, pemikiran serta ide dan gagasan untuk pembangunan dan pemanfaatan Dana Desa. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawabannya.
Untuk desa yang belum mempunyai gagasan atau inovasi, coba datang ke desa yang sudah dianggap berhasil. Gunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Datang untuk melihat, mencermati kemudian diterapkan serta kembangkan inovasi itu ke desa kita. “Mari kita berkolaborasi membangun desa, sesuai dengan kompetensi kita. Agar kualitas perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di desa semakin baik,” pesan Umi.
Umi juga menghimbau untuk kegiatan inovasi dan ide-ide inovatif yang sudah dipilih dan menjadi komitmen desa, supaya diperjuangkan di Musyawarah Desa. Agar menjadi kegiatan prioritas di RAPBDesa tahun 2019, dan dimasukkan menjadi kegiatan yang dapat dilaksanakan di desa dan terdanai di APBDesa.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Prasetyawan mengatakan acara Bursa Inovasi Desa (BID) ini dihadiri19 Kepala Otganisasi Pemerintah Daerah, 3 anggota TPID di 18 kecamatan, dan seluruh Kepala Desa, BPD serta tokoh masyarakat di Kabupaten Tegal.
“Kami berharap acara ini, bisa menjadi bahan serta membangun komitmen bersama dalam menyelesaikan masalah di desa dengan inovasi yang ada,” ujarnya ( IJK )
.
Please follow and like us:
0
Advertisements

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Adakah yang dapat kami bantu ...???
Powered by
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
YOUTUBE
YOUTUBE
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN
INSTAGRAM

Enjoy this blog? Please spread the word :)