Apa Kabar Poros Digital dan Ekraf Kabupaten Tegal

CATATAN HUT 418 KABUPATEN TEGAL

Dua Sisi News ( Slawi )

Tidak mudah mempersiapkan peluncuran potji.com. Alasannya karena tidak ada dana, Guna mewujudkannya, saya bergerak ke sana ke mari, sampai akhirnya bertemu dan bersepakat dengan KADIN Kabupaten Tegal.

Peluncuran potji.com dapat terlaksana dengan mengambil tempat di BAPPEDA, dengan audiens dari sivitas akademik  UI, UNDIP, STMIK YMI, Poltek Harber, dsb. Disamping juga sejumlah pelaku industri kecil.

Acara  yang terlaksana pada 26 Mei 2016 berlangsung dengan lancar dan dihadiri Wakil Bupati.

Saya memang antusias, sebab inilah saatnya Kabupaten Tegal berbenah serius menyambut era digital.

Bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Komputer UI, kami mempersiapkan SI POTJI (Sistem Informasi Poros Digital Tegal Jepangnya Indonesia).

Sekitar 4 bulan, sistem sudah siap diisi, tapi birokrasi tidak begitu merespons. Wajar, hal baru apapun perlu diperkenalkan.

Ekonomi kreatif adalah bidang yang dekat dan khas dengan era digital. Ternyata tidak ada satu pun dinas yang mengurusinya. Sebagai konseptor dan eksekutor potji, saya menyatakan sekretariat potji.com siap menjadi tuan rumah, Agustus 2016, pada sarasehan Poros Digital dan Ekonomi Kreatif. Hadir anggota DPR-RI, Ustadz Fikri Faqih, dan konsultan BEKRAF.

Buah dari pertemuan itu antara lain terbentuk Festival Film Tegal. Bupati dan petinggi BEKRAF meneken MoU. Perfilman adalah pilihan pusat. Kami mengajukan #MatematikaDetik sebagai lokomotif gerak ekonomi kreatif.

Terbayang, dengan teknologi digital dan akses jalan tol, ribuan orang datang ke Tegal, berwisata edukasi: belajar Matematika Detik dan Situs Purbakala Semedo.

Kini, saya sudah bukan seorang penyuluh perindustrian. Sudah di luar birokrasi. Prediksi pahit kepala pusdiklat Kementerian Perindustrian terbukti: banyak Pemda tidak paham atau sengaja menyalahgunakan fungsi penyuluh perindustrian. Apapun semoga Kabupaten Tegal semakin maju, tidak dikelola dengan BAU (business as usual). Selamat hari lahir ke-418. ( Akhmad Thoha Faz )

Please follow and like us:
0
Advertisements

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Adakah yang dapat kami bantu ...???
Powered by
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
YOUTUBE
YOUTUBE
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN
INSTAGRAM

Enjoy this blog? Please spread the word :)