Akreditasi Lembaga PAUD Wajib Dilaksanakan

Dua Sisi News ( Slawi )

Untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan diperlukan adanya Akreditasi. Tak terkecuali Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) demikian disampaikan oleh Ir. Koesharsono Hadiwibowo, M.Pd pada duasisinews.com di sela memberikan konsultasi pada beberapa Kepala Sekolah PAUD yang berkunjung dikantornya di Jl. Prof M. Yamin (depan kantor Kejaksaan Negeri Slawi)

Menurut Soni – sapaan akrabnya – Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas PP Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 1 Ayat 32 menyatakan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal yang selanjutnya disebut BAN PAUD dan PNF adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan program dan atau satuan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan(SNP).

“Melihat kebijakan yang ada, maka akreditasi lembaga PAUD sebagai salah satu lembaga pendidikan, wajib dan harus melakukan akreditasi,” tuturnya.

Pelaksanaan akreditasi yang dipandang sebagai satu pekerjaan yang rumit ini harus dipersiapkan secara matang dan sungguh-sungguh. Agar efektif dan Efisien.

Guna membantu dan memahami proses serta alur Akreditasi inilah, Ir. Koesharsono Hadiwibowo, M.Pd menulis dan menerbitkan Buku berjudul  Jamu PAUD  ( Jampi Ampuh Maju Akeditasi PAUD) yang terdiri dari dua bagian yaitu JAMU #1 dan JAMU #2.

Pada bagian Jamu#1 berisi tentang : a). Standar Nasional Pendidikan (SNP); b) Visi BAN PAUD dan PNF; c) Tujuan Akreditasi; d) Manfaat Akreditasi, e) Persyaratan akreditasi; f) Masa Berlaku Akreditasi, g) Permohonan Akreditasi Ulang; h) Mekanisme Pelaksanaan Akreditasi; i) Jumlah butir dan bobot penilaian; j) Peringkat Akreditasi; k) Problematika.

JAMU #2  membahas lebih fokus pada teknik penyusunan berkas dan dokumen akreditasi, penjelasan masing masing standar, alternatif dokumen yang perlu dilampirkan dan pada bagian lampiran diberikan contoh lampirannya

“ Buku ini dilengkapi CD berisi contoh dokumen yang perlu dilampirkan, dan panduan cara memasukan documen melalui SISPENA “ Kata Soni menambahkan.

Menurut Susi, Staf Pemasaran Buku Jamu PAUD telah dipasarkan sampai luar pulau jawa

“ Pemesan Buku Jamu PAUD, ada yang dari Bali, Sumatra, Kalimantan bahkan Papua, “ Papar Susi.

Susi juga menambahkan. “ Kami juga menyediakan buku JIMAT LKP (Jurus Jitu Maju Akreditasi LKP) dan SIMAK LA LPK (Siap Maju Akreditasi LA LPK) yang dapat dipesan melalui Telp. / SMS ke No. telp. 085870112200 “ ( IJK )

Please follow and like us:
0
Advertisements

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Adakah yang dapat kami bantu ...???
Powered by
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
YOUTUBE
YOUTUBE
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN
INSTAGRAM

Enjoy this blog? Please spread the word :)